Roadmap Fixnet Media Untuk Hotspot Nusantara

Kondisi geografis Indonesia yang berpulau-pulau, pegunungan, lembah, akses jalan yang sulit dijangkau adalah tantangan Indonesia untuk menyambungkan komunikasi dan informasi.

Biaya yang sangat besar untuk mampu menyediakan akses internet menjadi kendala, mengingat tidak semua wilayah bila melihat dari sisi bisnis akan dapat memberikan keuntungan. Sementara pemerintah sendiri tidak mampu menyediakan akses internet karena juga terkendala faktor keuangan. Hal ini juga disebabkan faktor luasnya cakupan wilayah Indonesia dan tidak sebanding dengan kondisi anggaran pemerintah.

Melihat tantangan ini Fixnet Media tidak berpangku tangan begitu saja, dengan modal potensi sumber daya manusia unggul, Fixnet Media menawarkan solusi jangka pendek, jangka menengah dan jangka Panjang. Fixnet Media pada tahapan jangka panjang sudah menyiapkan peta jalan (road map) bagi pengembangan infrastruktur teknologi telekomunikasi.

Pada roadmap jangka panjang, Fixnet Media menyiapkan peta jalan dengan memanfaatkan infrastruktur teknologi satelit yang sudah ada di atas bumi Indonesia. Roadmap Fixnet untuk Hotspot Nusantara dilakukan secara bertahap dengan menjalin kerjasama operator satelit dalam negeri dan luar negeri untuk menjadi penghubung wilayah-wilayah Indonesia yang terpencar-pencar.

Sedangkan dalam jangka pendek, Fixnet Media melalui rintisan proyek Fixnet Ekspres dan Fixnet Super menyediakan teknologi dan kesempatan kepada investor kecil untuk mengelola penyediaan internet di lokasi-lokasi yang belum terjamah internet namun  berpotensi layak secara bisnis.

Terobosan-terobosan ini memerlukan kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan, sehingga pihak investor bisa terus mengembangkan usahanya, sedangkan masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam memperolah informasi seperti yang selama ini dinikmati masyarakat perkotaan.