Benarkah Bisnis Online Sebagai Bisnis Menjanjikan?

Bisnis online tampaknya bisnis yang menjajikan, mengingat ada tantangan menarik sebagai sebuah peluang pasar yang besar. Namun benarkah demikian?

Tidak sedikit juga para pemula dalam bisnis online terbengkalai karena salah menetapkan langkah pada tahap awal, hingga usaha tidak berkembang dan tidak bergerak selangkah pun. Ada pula yang karena kurang inovasi dan eksplorasi akhirnya bisnis yang diharapkan ternyata berakhir berantakan.

Meskipun bisnis online menawarkan banyak kemudahan, namun persiapan dan rencana jangka panjang yang matang agar tetap stabil harus menjadi perhatian pemula. Hal ini mengingat persaingan di bisnis online juga semakin ketat, karena banyak orang lain di luar sana juga mulai memanfaatkan peluang bisnis ini.

Bisnis online yang tidak bertahan lama biasanya disebabkan oleh perencanaan yang kurang matang di awal sehingga owner bingung menentukan langkah lanjutan untuk bisnisnyaLangkah awal yang bisa dilakukan sebelum melakukan bisnis online adalah dengan melakukan riset dan menentukan target pasar. Ini bisa dilakukan dengan melakukan riset terhadap konsumen dan kompetitor. Riset konsumen menjadi penting karena dapat membantu mengetahui bagaimana perilaku konsumen, apakah bisnis yang Anda bangun dibutuhkan dan berapa banyak konsumennya.

Untuk pebisnis pemula, riset sederhana bisa dilakukan dengan wawancara, diskusi atau paling mudah dengan survei online. Anda bisa sekaligus menawarkan produk kepada konsumen dan meminta tanggapan mereka. Selain melakukan riset konsumen, lakukan juga riset terhadap kompetitor. Dengan ini Anda bisa menemukan tantangan dalam bidang bisnis online yang dijalankan. Manfaatkan data-data yang tersedia di internet untuk mendapatkan informasi mengenai kompetitor.

Kedua riset ini akan memberi pemahaman mengenai kondisi pasar dan potensi pertumbuhan bisnis online Anda kedepannya. Sehingga Anda pun bisa mengetahui kepada siapa nanti bisnis Anda ditujukan dan strategi untuk bersaing.;[] syifa